Rabu, 11 April 2012

Menteri Yang Gagal Mendefinisikan Rasa Sakit Hati

Tidak sungkan dan malu. Itulah potret para menteri kabinet Indonesia bersatu. Tiga menterinya yaitu Jero Wacik (Menteri ESDM), Muhaimin Iskandar (Menakertrans), dan Helmi Faisal (Menteri PDT) kedapatan berfoto bersama sepuluh perempuan seksi yang biasa menemani para pegolf (caddy)


Pasca diupload oleh sebuah harian ibukota, foto mereka pun beredar luas di dunia maya. Namun tidak sedikit raut wajah malu terpancar dari diri mereka. Minimal ada sebersit permintaan maaf kepada masyarakat yang telah memelihara budaya malu. Tingkah mereka berfoya-foya bermain golf dan diapit foto wanita minim busana harus menjadi ikrar mereka telah mencederai rasa relijiusitas masyarakat.

Akan tetapi, apa yang didapat tidak jauh dari kesan bermartabat. Sebaliknya, Jero Wacik selaku menteri ESDM jutsru menebarkam alibi. Ia mengaku hal itu lumrah sebagai seorang pejabat negara.

"(Ajakan berfoto) Itu kan menunjukkan kalau mereka barangkali hormat sama Menterinya dan menteri harus hormat sama masyarakat," katanya menebar excuse di gedung DPR RI, Selasa (13/3/2012).

Ia juga menambahkan langkahnya berfoto bersama sebagai sikap “takut menyakiti hati” para caddy , “Nanti kalau saya tidak mau foto bersama, nanti Caddy nya sakit hati,” apologinya.

Inilah potret pejabat yang sedang mabuk mendefinisikan rasa sakit hati. Yang tidak sadar dirinya terjerembab tapi menolak dikasih tali. Bahwa seharusnya rakyat yang paling berhak merasa disakiti ketika ia menaikkan harga BBM menjadi 6 ribu.

Namun sayangnya, Jero Wacik tidak sendiri, kiprah Helmi Faisal yang kerap disapa “Ustadz” itu juga dibela staf ahlinya, Daniel Johan. Daniel meminta masyarakat tidak menghakimi bosnya. Ia membela dengan menyebut kejadian itu sebagai bukti ciri merakyat seorang pejabat negara, 

"Itu tidak ada bedanya dengan masyarakat yang minta foto bareng. Itu bagian sikap menteri yang merakyat," jelas staf ahli Menteri PDT, Daniel Johan, saat memberikan keterangan, Selasa (13/3/2012).

Masyarakat pun mengecam tindakan ketiga menteri tersebut. Ditengah merosotnya moral dan melonjaknya tingkat kemiskinan,foto pejabat negara dengan perempuan seksi telah melukai hati rakyat.

“Seharusnya mereka menunjukkan keprihatinan dan bukannya menunjukkan kemewahan, kalau memang niat berolahraga untuk kebugaran cukup dengan jogging. Apalagi saat ini pemerintah sedang berencana menaikan harga BBM dan tarif dasar listrik,” kata aktivis Petisi 28 Haris Rusli Moti Selasa (12/3/2012).

Haris kemudian meminta mereka untuk malu dan tidak segan-segan untuk mengundurkan diri.. “Seharusnya mereka malu dan mengundurkan diri sebagai menteri,” katanya.


Bagaimana menurut anda?

Simber : Eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar